Panduan menggunakan Blog ini :D

Pembaca yang budiman, silahkan isi kolom komentar dan memulai diskusi pada setiap postingan. Semakin ramai semakin semangat saya dalam mengelola blog ini. Selamat menjelajahi seluruh isi blog. ^_^.

Nov 16, 2008

Membaca dongeng dari Jepang

Entah sejak kapan, aku sangat tertarik dengan Jepang. mungkin ketika masih kecil, aku yang hobi membaca ini hanya menemui buku dari Jepang ( baca : komik) untuk menyalurkan hobiki. maka, diam - diam, ketertarikanku pada negeri Jepang pun mulai muncul. setelah sedikit lebih "dewasa" aku mulai mengenal Jepang sebagai negara yang maju, baik di bidang teknologi maupun bidang - bidang yang lain. pun masyarakat Jepang terkenal sebagai masyarakat yang disiplin, penuh tanggung jawab, memiliki etos kerja yang tinggi, profesional dan seabrek ungkapan baik lainnya. semua itu, awalnya aku ketahui hanya dari selentingan - selentingan omongan orang atau bacaan yang sekilas ku baca. sampai akhirnya, tanpa sengaja ( namun, pastinya bukan suatu kebutulan) aku menemukan artikel di web beritaiptek.com dengan judul artikel "Dongeng dari Jepang". di web itu sang penulis, yang notabene mahasiswa S3 di Jepang, menngkisahkan sekelumit aktifitas orang - orang Jepang yang sangt luar biasa.

Aku tak habis pikir, Jepang bukanlah negara islam ( agama yang paling sempurna, yang memiliki aturan yang paling tepat untuk kehidupan manusia ), namun sikap dan perilakunya bisa dikatakan "islami" ( khusus untuk hal - hal keduniawiannya saja ). Bandingkan dengan Indonesia, negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia ini bahkan tidak bisa meniru sedikit saja kehebatan orang - orang Jepang ( sekali lagi untuk hal - hal keduniawiannya saja ). meskipun hati ini punya ketertarikan dengan negara di Asia Timur itu, namun, sama sekali tidak ada keinginan untuk pindah kewarganegaraan. aku akan tetap di sini, berusaha untuk mengubah "kebiasaan" bangsa ini. entah dengan cara bagaimana. aku masih belum punya solusi konkret.

3 comments:

Anonymous said...

weh mantab bro,

Anonymous said...

Idem...seperti yang dlu ku pikirkan boz..feel the same like urs about Japan...

Hafiq said...

@Rifki: Iyo Bro,

@Atin: Tos Bro, eh Sis :D