Panduan menggunakan Blog ini :D

Pembaca yang budiman, silahkan isi kolom komentar dan memulai diskusi pada setiap postingan. Semakin ramai semakin semangat saya dalam mengelola blog ini. Selamat menjelajahi seluruh isi blog. ^_^.

Apr 6, 2011

Biaya Hidup di Jakarta

mungkin sudah ada sangat banyak blog/forum yang membahas tentang estimasi biaya hidup di Jakarta. tapi di sini, saya akan kembali membahas dengan sudut panang saya pribadi, yang telah merassakan "nikmatnya" tinggal di Jakarta selama (hingga bulan ini) tujuh bulan.

Estimasi biaya hidup per bulan di Jakarta untuk kelas ekonomi menengah (masih single)

1. Biaya kos = Rp. 400.000
kos-kosan di Jakarta sangat bervariasi. untuk harga Rp. 400.000 yang saya tahu, fasilitasnya hanya kamar berukuran 3 x 2,5, lantai keramik, tembok bata, kamar mandi luar, tanpa isi (kosongan), tapi itu sudah termasuk listrik dan air (bebas mau bawa apa aja). kalau mau yang lebih murah, kos-kosan seharga Rp. 300.000/bulan pun ada. kamar ukuran sekitar 3 x 2,5 juga. kosongan dan sekat antar kamar terbuat dari papan/triplek, kamar mandi luar dan antri :D. kalau mau yang lebih bagus, ada yang Rp. 500.000/bulan. Keramik dan tembok, 3 x 3, ada ranjangnya dan loundry gratis. kamar mandi masih luar kayaknya. kalo yang Rp. 800.000/bulan full AC, kulkas, kamar mandi dalam, loundry dll :D. tapi karena perhitungan ini untuk golongan menengah, kita ambil aja yang Rp. 400.000.

2. Biaya makan = Rp. 600.000
dengan perhitungan sekali makan sekitar Rp. 6.000 (nasi+sayur+telur) sampai Rp. 8.000 (nasi+sayur+ayam). dengan perhitungan satu hari makan 3 kali dan satu bulan ada 30 hari maka diambil pembulatannya yakni Rp. 600.000
kalau mau lebih irit, ada nasi+sayur+tahu/tempe seharga Rp. 5.000. atau beli magic com untuk masak nasi, jadi tinggal beli lauk dan sayurnya saja. atau yang lebih ekstrem cukup makan 2 kali sehari, sarapnnya cukup dua potong roti tawar (Rp. 7.500 dapat 10 potong)

3. Biaya transport = Rp. 100.000
cari kos yang dekatlah dengan tempat kerja, yang bisa dicapai dengan berjalan kaki, kalau terpaksanya gak ada, cari yang dilewati angkot/metro mini dan sekali nyampe. dengan demikian, biaya transportasi bisa sangat ditekan. dengan naik angkot/metromini sekali jalan Rp. 2.000. maka berangkat-pulang kerja menghabiskan Rp. 4.000. dalam 1 bulan ada 25 hari jam kerja berarti sebulan menghabiskan Rp. 100.000
informasi tambahan jika mau melakukan perhitungan ulang. angkot (baik kwk/warna merah maupun mikrolet/warna biru muda) ongkos aslinya Rp. 4.000 dari ujung ke ujung (misal jurusan grogol-muara angke, dari grogol ke muara angke bayar Rp. 4.000, tapi klo kita naik dari jembatan tiga atau dari manapun yang bukan dari ujung, Rp. 2.000 mau kok).
metromini (bus kecil) dan bus cina jauh-deket Rp. 2.000. bus way Rp. 3.500. ojek dan bajai antara Rp. 5.000-Rp. 20.000 tergantung jauh deketnya (saya sarankan jangan naik ojek atau bajai jika belum berpengalaman menawar, pengalaman saya dari grogol ke pluit tukang ojekya minta Rp. 20.000, padahal naik kwk B01 cuma Rp. 2.000)
untuk yang berencana membawa sepeda motor, saya kurang bisa mengestimasi. tapi silahkan dihitung sendiri, yang jelas harga premium saat tulisan ini dibuat masih Rp. 4.500/liter.

4. Biaya keperluan sehari-hari = Rp. 150.000
meliputi sabun mandi, sabun cuci, sampo, odol, air galon, minyak wangi/deodoran, kopi, susu, gula, teh, obat nyamuk, dll. biaya ini memang sangat variatif, dan sangat subjektif. saya sarankan untuk membeli teko listrik agar tiap pagi bisa menikmati segelas kopi, teh manis atau susu. perlu diketahui, segelas teh manis atau kopi di sini dihargai Rp. 2.000. padahal harga sachetnya ada yang cuma Rp. 500. kalau ingin menghemat lagi, mandilah sekali sehari (saat mau berangkat kerja), gak ganti baju sebelum kotor dan bau (biar jarang make sabun cuci), dan bawa botol air mineral kosong ketika berangkat kerja, kemudian pulang dengan kondisi botol tersebut terisi penuh :)

5. Biaya pulsa = Rp. 50.000
gunakan pulsa seperlunya. gunakan SIM card yang terkenal murah. jika ingin ngobrol dengan seseorang, minta dia yang menelepon. dijamin pulsa Rp. 50.000 cukup untuk sebulan.

6. Biaya hiburan = Rp. 150.000
hiburan di sini bisa berarti jalan-jalan, ke mall, ke monas, ragunan atau TMII, ke kebun raya bogor juga bisa (naik kereta KRL ekonomi cuma Rp. 3000 nyampe bogor). klo mau yang sedikit mahal ya ke ancol atau dufan. hiburan juga bisa berarti makan makanan yang enak-enak, coba-coba fast food atau restoran, sekali sebulan lah. bisa juga ditabung untuk beli gadget baru. pokoknya selalu anggarkan untuk hiburan, terkadang, kita perlu memanjakan diri untuk menghargai kerja keras kita. yang jelas, jangan dipakai buat hura-hura atau melakukan hal yang melanggar norma agama.

7. zakat dan atau sedekah = Rp. 50.000
meski belum tentu masuk nisab untuk harta yang dizakati, saya sarankan untuk tetap mengambil jatah 2,5% dari pendapatan kita untuk disedekahkan. dengan asumsi pendapatan Rp 2 juta, maka jatah untuk sedekahnya Rp. 50.000. bagi yang percaya bahwa sedekah itu akan membuat menjadi lebih kaya (kaya di akherat), maka ambillah sebagain jatah untuk hiburan menjadi untuk sedekah.

Dengan demikian, total pengeluaran per bulan untuk satu orang (single) untuk hidup layak (menurut saya sudah sangat layak malah) di Jakarta adalah : Rp. 1.500.000.

bagaimana? cukup murah bukan? jadi, dengan perhitungan ini, jika teman-teman mendapat tawaran kerja di jakarta dengan gaji kurang dari Rp 2 juta. jangan mau. itu artinya teman-teman hanya dapat menabung dan menyisihkan untuk keluarga ataupun untuk sedekah sangat sedikit.
mintalah gaji di atas Rp. 2 juta. teman-teman bisa menyampaikan argumen dengan perhitungan saya di atas.

tetapi jika teman-teman yakin dapat lebih berhemat, ya terserah, jika memang merasa gaji kurang dari Rp. 2 juta itu cukup, silahkan ambil keputusan dengan penuh keyakinan. semoga tulisan saya ini dapat membantu teman-teman yang masih ragu untuk merantau ke ibu kota, karena simpang siurnya berita tentang kehidupan di Jakarta.

NB: perhitungan ini bisa berbeda untuk tempat yang berbeda. saya berlokasi di Jakarta utara, dekat dengan kawasan elite (PIK, green bay, pluit) tetapi lebih dekat dengan pemukiman warga kelas menengah ke bawah (perkampungan nelayan, muara angke). untuk yang berdomisili di kawasan elit (bener-bener elit, gak ada perkampungan warga kelas menengah ke bawahnya), maka estimasi biaya hidup ini perlu direvisi. katakan saja untuk biaya kos menjadi Rp. 800.000. sekali makan Rp. 10.000. biaya keperluan sehari-hari menjadi dua kali lipatnya, silahkan dijumlahkan sendiri hasilnya. ^_^

38 comments:

Anonymous said...

opo iyo semunu Fiq...
dulu pertama kerja dijakarta gaji gak nyampe dua lho.. tapi bisa buat bayar kuliah juga...

Intine sih tergantung bagaimana kita me-manage pemasukan dan pengeluaran kita..
dan when there is a will there is a way..*nyambung ra ki sing terakhir* hihi...

Hafiq said...

hahahahaha
temen ku yg orang Jakarta protes, katanya terlalu irit banget itu. eee.....kamu malah bilang gak sampe segitu. :D

memang tergantung orangnya kok Tin, kita2 yang orang daerah ini biasanya memang lebih bisa mengirit pengeluaran ^_^

kan di situ aku bilangnya untuk hidup cukup layak. klo mau di bawah itu kan emang masih bisa ^_^

putri venus said...

gaji fresh graduate di jakarta 2jutaan berarti ya mas, di jogja satu juta kali ya,

Putri said...

Hai, terimakasih yah informasinya, sangat membantu. Kebtulan mulai Juni besok saya kan bekerja di kawasan PIK, sehingga dari sekarang sedang cari info kos dan biaya hidup. Doakan semoga saya dapat hidup layak di kawasan elite tersebut yah!
Salam,
Putri

Hafiq said...

tergantung juga Bang, kerjanya di mana dulu. ada juga yang ngasih gaji kurang dari dua juta, dan lebih banyak yang ngasih di atas dua juta. ya pinter-pinter kita milih kerjaan dan nego ama pihak perusahaanya.

buat mbak Putri, saya doakan semoga bisa beradaptasi dengan baik di jakarta. PIK deket lhoh sama tempat saya. tinggal sekali naik angkot kwk U11. :D

kaarsekar said...

nice info :)
salam kenal mas Hafiq, sy lg butuh bgt info ttg jakarta utara,, sy kirim imel ke yahoomail-nya mas hafiq (dr gmail zzz.kar)
kalau berkenan dibuka ya mas,, makasih bgt :)

Hafiq said...

buat mbak sekar, sudah saya balas ya emailnya. salam kenal juga. terimakasih sudah mampir ^^

Andri Rian Permadi said...

Sangat membantu insyaAllah saya bakal ke jakarta besok senin, tapi saya masih ragu karena katanya gaji dibawah 2 juta, terima kasih mas

Anonymous said...

Salam kenal sebelumnya Mas Hafiq
Terima kasih informasinya, kebetulan sekali lagi nyari nyari info biaya hidup di sekitar jkt utara, karena mau dipindah di kantor jakarta sekitar Lodan Center.
Maklum belum pernah hidup di jkt sebelumnya...hehe

Salam
Barok

Anonymous said...

Salam kenal mas Hafid,,,mulai bulan depan saya juga dipindah ke kantor pusat di daerah lodan centre jakpus,,,kira2 tau gak ya biaya kosan di sana sktr brp??apa ada yg sktr 400an??buat temen2 yg lain mohon bantuannya jg...makasih..

Hafiq said...

maaf, semuanya. lama gak nge-blog.

dan sudah beberapa bulan yang lalu saya pindah ke Surabaya. hehehe.

Petualangan saya di Ibu kota Jakarta berakhir sudah ^^

triandari said...

untk anak kuliahan gmn tu mas? apa biaya kos untuk anak kul ma yg dah kerja ntu brbda/sma? klo scra keseluruhan 1,5jt,,,,,wah kyak di smrng dong

triandari said...
This comment has been removed by the author.
Hafiq said...

bedanya bukan kerja atau kuliah, tapi lokasi. kalo di sekitar kampus biasanya lebih murah. aku gak bisa kasih info pasti karena domisiliku dulu jauh dari kampus.

1,5 juta itu cuma biaya hidup lho ya. klo kuliah kan masih plus bikin tugas, dan pengeluaran lain.

pinter-pinter aja ngelola keuangan.

Anonymous said...

makasih infonya .kebetulan saya lagi mau cari tempat magang di jakarta.
untuk anak smk mungkin saya coba minta gaji UMR, semoga bisa cukup. amin

Hafiq said...

Iya, insya Alloh cukup.
di komentar awal mbak 9oliwet juga sudah menyampaikan kalo gaji yang gak sampe 2 pun cukup buat dia :)

Lie said...

mohon infonya dong. saya pingin sekali kuliah di STIE IPWIJA daerah Jl. Gatot Subroto. kira-kira kalo tinggal di sana berapa ya biaya hidup perbulannya?

Hafiq said...

buat dek Lie, mohon maaf. saya kurang bisa memberi gambaran karna tidak tinggal di daerah sana.tapi buat estimasi awal bisa menggunakan perhitunagn ini. ditambah dengan biaya tamnbahan kuliah. silahkan diperkirakan :)

maaf tidak banyak membantu

Lie said...

ooh... ok dweh, thanks a lot

Unknown said...

ouw, bagus juga rinciannya.
Tapi, kalo kita pake sepeda dengan jarak kos-kampus >500m kira-kira bikin cape nggak? Secara Jakarta kan terkenal dengan polusinya

Sakhadienson said...

kalo kos di sekitar kantor TMMIN berapa mas kira2 /bulannya ?? tks.

Anonymous said...

bermanfaat sekali.. thanks

Rendy Candra A W said...

Setuju dengan apa yg mas utarakan, di jakarta sebenarnya dengan biaya 1500000 sudah cukup tergantung bagaimana kita me manage pengeluaran dan mensiasatinya, termasuk membawa botol kosong ke kantor itu :D

Unknown said...

Mas di muara angke dimana kosnya? karena saya lagi cari kos daerah sana, tlong infoin alamat lengkapnya dong, terimakasih...

Hafiq said...

@Ghifari: Belum pernah nyoba saya mas :D

@Stds: Maaf mas, kurang tahu. sudah tidak di Jakarta lagi.

@Rendy: Yup. :)

@Andi: Dulu di kampung nelayannya mas, ini udah pindah kerja.

Unknown said...

Kost-kostan hingga kontrakan rumah di daerah kota bogor sudah banyak pilihan, mulai dari lokasi di daerah pemukiman padat penduduk/masuk ke gang, pinggir jalan raya, hingga di lokasi perumahan/komplek.

Apabila mencari kost-kostan di daerah Bondongan, Kota Bogor bisa klik disini. Terletak di dalam komplek, sehingga mobil dan motor bisa masuk. Hanya 60 meter dari jalan raya bondongan. Daerah ini sangat strategis sekali, sangat dekat dengan kantor layanan publik, banyak fasilitas publik seperti rumah sakit, minimarket, jajanan dan kuliner dan terutama mudahnya angkutan umum.

Daniel Kriswidianto said...

Ndak sengaja nemu ini di Artikel, segitu ya mas. Nice info...
Untuk menambah referensi kalau-kalau di Jakarta nantinya.

by

HR ALSTOM (1237/1235)

Anonymous said...

kampung nelayan itu yang deket pasar yaaa???koq aku ga nemu2 kostan yaaa???udah bnyak bangunan baru ka li yaaa..

Anonymous said...

kampung nelayan itu yang deket pasar yaaa???koq aku ga nemu2 kostan yaaa???udah bnyak bangunan baru ka li yaaa..

Anonymous said...

saya hanya tamatan SMA mas, saya pngen ke jakarta , mnurut mas apakah saya bsa merantau sendirian ?
soal nya saya blm prnh nyoba merantau sendirian..
tolong di jwb mas,, thank's

Hafiq said...

@Daniel: Kamu mau pindah ke Jakarta? Ikut dunk :D

@Anonim1: Iya, deket pasar. Masuk2 ke gang-gang nya, enggak ada tulisan terima kos sih, coba tanya2 sama warga sekitar.

@Anonim2: Tergantung dirimu. Jika kamu merasa kamu ulet, tahan banting, memiliki idealisme yang kuat, silahkan. Tapi jika kamu gampang terpuruk, tidak tahan godaan dan ujian hidup, saran saya sebaiknya merantau ke kota lain yang lebih sedikit tantangannya. Misal Semarang atau Surabaya.

codetss said...

Mas Hafiq tau gak gaji freshgraduate BII di jakarta, cz di tawarin di situ, ane dari jawa tengah soalnya hehe

Hafiq said...

@codetss: Waduh, maaf kurang tahu. Gak ada pengalaman di Bank.

Viagra Asli Usa 100Mg said...

Alat Bantu Sex
Boneka Full Body
Obat Penghilang Tatto
Alat Pembesar Payudara
Alat Pembesar Penis
Obat Perangsang Wanita
Procomil Spray
Celana Hernia
Viagra
Viagra

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
jasa online said...
This comment has been removed by a blog administrator.
moris said...

Hanya dengan 1 user ID anda sudah bisa bermain7 permainan game poker yang seru
Mari bergabung bersama kami di Donaco poker

Dapatkan Juga
- Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
- Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
- BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
- BONUS KEJUTAN LAINNYA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662