Panduan menggunakan Blog ini :D

Pembaca yang budiman, silahkan isi kolom komentar dan memulai diskusi pada setiap postingan. Semakin ramai semakin semangat saya dalam mengelola blog ini. Selamat menjelajahi seluruh isi blog. ^_^.

May 19, 2009

Dikecewakan oleh kerja tim

Dalam sebuah tim, tentu kerja tim sangat diperlukan. apa gunanya dibentuk sebuah tim, jika semua pekerjaanya hanya diselesaikan oleh satu orang. untuk itu, dalam sebuah tim, pasti akan ditunjuk seorang ketua yang bertanggung jawab dalam mendistribusikan tugas. sehingga setiap anggota tim memiliki "jatah" pekerjaan yang sama.

Namun, bagaimana jika realitasnya, ketika pekerjaan tim hanya dikerjakan oleh satu orang saja (umumnya adalah oleh ketua tim), hasil yang diperoleh malahan jauh lebih baik dan rapi dari pada dilakukan pembagian tugas. secara logika, hal ini memang sangat mungkin terjadi. dilihat dari sudut pandang seorang ketua dan anggota timnya yang jelas berbeda, maka tentu saja hasil pekerjaan itupun bisa memperoleh nilai yang berbeda menurut pandangan sang ketua.

Sebagai seorang ketua, hal seperti ini merupakan sebuah dilema. jika ia mengerjakan seluruh pekerjaan tim sendirian, hasilnya akan sangat memuaskan (bagi dia), namun, temen - temennya akan menjadi tidak respek kepadanya.namun, jika ia tetap melakukan pembagian tugas, meski temen - temennya akan senang karena merasa bahwa dirinya dibutuhkan, terkadang ia akan menerima kenyataan bahwa hasil pekerjaan timnya tidak sesuai dengan yang ia harapkan.

Tulisan ini bukan opini pribadi, namun sebuah kenyataan yang aku alami.
jika teman - teman berada di posisi sebagai sang ketua tim, apa yang akan kamu lakukan? dengan argumen yang mendukung tentunya.

1 comment:

Joulecar said...

ya itulah tugas ketua...
kadang dia harus membagi porsi(ga harus sama). Kalo memang demi yang terbaik terpaksa porsi dia paling banyak (bahkan semua), yakin aja kalo itu memang yang terbaik....

pilihan itu pasti mengandung resiko...