Panduan menggunakan Blog ini :D

Pembaca yang budiman, silahkan isi kolom komentar dan memulai diskusi pada setiap postingan. Semakin ramai semakin semangat saya dalam mengelola blog ini. Selamat menjelajahi seluruh isi blog. ^_^.

Dec 19, 2009

Go Green.....!!! Green living......!!! Selamatkan Bumi Kita

Isu gloobal warming sebenarnya sudah sangat santer kita dengar. bahkan para pemimpin negara - negara maju pun "bahu membahu" untuk menangani masalah ini. yang teranyar adalah "Kopenhagen accord", pertemuan antara pimpinan negara - negara maju dan berkembang yang berhasil menelurkan kesepakatan bersama untuk mengurangi emeisi gas rumah kaca. terutama di negara - negara industri maju.

Lalu, sebagai masyarakat biasa, sebagai manusia yang juga peduli dengan lingkungan, apa yang bisa kita lakukan??

kata 'aa gym, mulailah dari diri sendiri, dari yang terkecil dan dari sekarang juga. slogan ini jika diterapkan pada tiap orang tentu hasilnya akan sangat luar biasa. karena memang, hal - hal kecil bisa berdampak sangat besar.

Nah berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan sebagai bentuk kepedulian kita pada lingkungan, yang sampai saat ini, menurut pengamatan saya, masih belum banyak orang yang memperdulikannya dan melakukannya.

1. Menghemat penggunaan listrik
Oke lah, anda bisa bilang, "saya bisa bayar tagihan listrik kok, kenapa harus berhemat??" jika anda bertanya begitu, maka aka saya jawab, "listrik di indonesia sampai detik ini masih dihasilkan dari pembangkit listrik batu - bara. polusi dari pembangkit listrik jenis ini sangat berbahaya (jika tidak percaya, silahkan googling dengan kata kunci gas buang PLTU batu bara). jika kita semua bisa berhemat, maka kapasitas pembangkitan listrik di indonesia tidak perlu ditambah - tambah terus, malah mungkin bisa dikurangi, akibatnya tentu pada pengurangan polusi pembangkit listrik tersebut. Selain itu, penghematan listrik yang kita lakukan akan mengurangi biaya tagihan listrik kita. uang dari hasil penghematan itu bisa kita gunakan untuk keperluan lain yang lebih penting. dan tambahan lagi, tiap alat elektronik itu efisiensinya tidak 100%, artinya pasti ada panas yang dihasilkan oleh perangkat elektronik di rumah kita. dengan menghemat penggunaan alat elektronik, itu berarti kita juga mengurangi terbuangnya panas ke lingkungan, meski sebenarnya pengaruhnya sangat kecil, tapi jika dikalikan sekian orang selama sekian jam tentu panas buang tersebut juga akan signifikan.
Nah, alat elktronik atau penggunaan listrik apa yang harus dihemat???
1). Lampu
sering sekali kita lupa atau malas mematikan lampu ketika hari sudah mulai terang. bahkan sering pula kita lebih memilih menghidupkan lampu kamar daripada membuka jendela padahal di luar rumah terang benderang. atau membiarkan lampu kamar mandi, gudang, atau garasi menyala sepanjang malam padahal tidak digunakan. maka dari itu, mulai sekarang mulailah peduli. tidak hanya di rumah sendiri. jika di tempat umum, misal di sekolah, di kampus, atau dimana pun, yang lampunya menyala padahal keadaan sudah terang benderang, maka segera pencet tombol off pada saklarnya.
2). Ganti lampu pijar dengan lampu hemat energi
efisiensi lampu bohlam (lampu pijar) hanya sekitar 40 - 50%, lebih banyak energi listrik yang diubah menjadi panas. sedangkan lampu hemat energi efisiensinya mencampai hingga 80%.
3). Matikan TV, komputer, kipas angin, dsb jika tidak digunakan
sering sekali kita lupa mematikan peralatan listrik tersebut ketika kita tinggal. mulai sekarang, pastikan peralatan listrik di rumah kita dalam keadaan off ketika tidak digunakan.
4). Jangan biarkan colokan (steker) tetap tertancap ketika tidak digunakan
sering kita membiarkan charger hp, dan sebagainya tetap nyolok padahal sudah tidak kita gunakan.
5). Matikan hp di malam hari (kecuali jika settingan alarmnya tidak bisa menyala otomatis)
coba hitung berapa listrik yang dihemat jika semua orang mematikan hpnya di malam hari (kurang lebih selama 8 jam)

2. Menghemat penggunaan bahan bakar
Jangan buang - buang bensin anda untuk sesuatu yang tidak penting!!!!
juga ketika harus keluar rumah dalam jarak yang cukup dekat, cobalah untuk memilih berjalan kaki atau bersepeda daripada menggunakan sepeda motor.
lebih hebat lagi ketika aktivitas harian kita (sekolah, ngampus, bekerja, dsb) kita jalani dengan bersepeda atau naik kendaraan umum dalam mobilitasnya.

3. Jangan buang sampah sembarangan
selain itu, usahakan semaksimal mungkin untuk sesedikit mungkin memproduksi sampah. jika masih ada sampah yang bisa didaur ulang, jangan asal dibuang. berikan pada pemulung atau jual ke tempat daur ulang. jika tempat sampah yang tersedia sudah terpisah antara yang organik dan anorganik, maka pisahlah!!.

4. Dalam membeli sesuatu, pilihlah produk yang tidak / sedikit menghasilkan sampah. misal, ketika membeli makanan atau minuman, pilih yang dimakan dan diminum di tempat dari pada yang diplastik.

5. Tanam dan rawat pepohonan
misal dengan membuat taman kecil di rumah kita, menanam tumbuhan di pot kalo tidak punya pekarangan, dan sebagainya.

Dan sebenarnya masih banyak hal - hal kecil lain yang bisa kita lakukan. untuk menjaga bumi kita. mulai sekarang, saatnya untuk peduli. untuk kehidupan yang lebih baik untuk anak - cucu kita.

Go green.......!! green living...!! selamatkan bumi kita...!

1 comment:

pembesar penis said...

hebat sekali anak itu, coba contoh anak anak sekarang, pada payah