Panduan menggunakan Blog ini :D

Pembaca yang budiman, silahkan isi kolom komentar dan memulai diskusi pada setiap postingan. Semakin ramai semakin semangat saya dalam mengelola blog ini. Selamat menjelajahi seluruh isi blog. ^_^.

Dec 20, 2009

Memanfaatkan matahari

Energi yang dipancarkan oleh matahari setiap hari sangatlah besar, sangat sayang jika kemudian tidak kita manfaatkan, beberapa manfaat energi matahari -yang masih belum termanfaatkan secara luas- antara lain :

1. Pembangkit listrik
Cahaya matahari bisa diubah menjadi listrik, andai semua rumah di dunia seperti di bawah ini ;



tidak perlu ada banyak pembangkit listrik tenaga batu bara (seperti di Indonesia) yang berbahaya dan banyak menghasilkan polusi.

2. Pengumpul panas
Panas matahari bisa kita kumpulkan untuk kemudian kita manfaatkan, seperti pada gambar di bawah ini :





dengan alat yang biasa disebut solar heat collector ini, kita bisa memanfaatkan air panas yang dihasilkan untuk berbagai keperluan (mandi, memasak, minum, dsb, tanpa perlu menyalakan kompor lagi)

selain itu, aplikasi dari solar heat collector ini bisa bermacam - macam, bahkan bisa untuk membangkitkan listrik. yakni dengan membuat air tidak sekedar dipanaskan, namun dibuat hingga menguap dan kemudian uapnya digunakan untuk menggerakkan turbin yang dapat memutar generator. sehigga dihasilkan listrik.

3. kompor matahari
Energi panas matahari juga bisa buat masak lho, seperti yang dilakukan oleh ibu - ibu di bawah ini :



hemat banget ya? gak perlu antriminyak tanah maupun beli elpiji =)

4. Destilator surya
Energi matahari bisa kita manfaatkan untuk menjernihkan air, atau mendapatkan air tawar dari air laut, seperti gambar skema di bawah ini :



5. Sebagai pencahayaan alami
Jadi, kalo siang hari, jangan menutup jendela dan menyalakan lampu ya. itu berarti kita menyia - nyiakan energi matahari.


Nah, ternyata ada banyak juga ya manfaat energi matahari. kapan kita akan benar - benar memanfaatkannya secara optimal???

No comments: