Panduan menggunakan Blog ini :D

Pembaca yang budiman, silahkan isi kolom komentar dan memulai diskusi pada setiap postingan. Semakin ramai semakin semangat saya dalam mengelola blog ini. Selamat menjelajahi seluruh isi blog. ^_^.

Mar 12, 2011

Analisis sementara Reaktor Nuklir Fukushima 1

UPDATE 12-02-2011 19.15 CET:



JAEA (Japan Atomic Energy Agency) mengkategorikan kecelakaan Fukushima sebagai skala 4 dalam INES (International Nuclear and Radiological Event Scale), yaitu kecelakaan dengan konsekuensi lokal. Sebagai perbandingan, kecelakaan Chernobyl (1986) masuk ke skala 7 (paling tinggi), dan kecelakaan Three Miles Island (1979) masuk ke skala 5.

Tanggal 11 Maret 2011 terjadi gempa berskala besar dan tsunami yang melanda Jepang. Sehari kemudian terjadi ledakan pada PLTN Fukushima 1. Belum jelas apa yang terjadi sesungguhnya di sana. Akan tetapi saya akan coba untuk menganalisis berdasarkan pengetahuan saya. Tentunya analisis ini berdasarkan info yang diperoleh sampai saat ini dan kemungkinan bisa berubah seiring waktu.

Fukushima I unit 1 adalah PLTN bertipe BWR (Boiling Water Reactor) dengan daya listrik sebesar 460 MW (daya termal 1533 MW, dengan asumsi efisiensi termal 30%). Dibangun akhir tahun 60-an dan mulai beroperasi tahun 1970 (lebih tua dari saya...).

Baca Selengkapnya silahkan klik di sini

Analisis ini dibuat langsung oleh dosen Teknik Nuklir

sumber gambar dari sini

kelanjutan untuk dosis serapan radiasi bisa klik di sini

No comments: